Blog Indri Kusuma Dewi

Live is Beautiful

Obat-obatan

Obat-Obatan

 

Obat-obatan yang ada di dunia ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Semenjak jaman dahulu kala, setiap orang yang mengalami sakit akan mencari atau membuat obat-obatan untuk menyembuhkan penyakitnya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa setiap penyakit yang kita derita ada obatnya. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, manusia dapat menikmati efek baiknya, terutama dalam bidang pengobatan.

Hal ini sejalan lurus dengan pengaruh buruk teknologi itu sendiri. Kita tahu bahwa pada zaman dahulu tidak ada penyakit yang menyerang tubuh manusia seperti kanker, TBC, dan banyak lagi. Selain efek samping teknologi, faktor gaya hidup manusia pun ikut menjadi andil mengapa pada zaman sekarang orang banyak mengalami berbagai penyakit.

Virus dan bakteri berkembang menjadi beragam dan lebih ganas dari pada sebelumnya. Makanan yang sehat saja ternyata sudah tidak mencukupi lagi asupan gizi yang diperlukan manusia guna mempersiapkan imun menghadapi bahaya penyakit yang bermacam-macam ini.

Ada banyak jenis obat dan pengobatan yang kita ketahui. Semua tergantung kepercayaan dan kebiasaan seseorang. Ada baiknya setiap jenis pengobatan yang anda pilih untuk sesuai dengan standar baku kesehatan. Apabila anda pergi ke sarana pengobatan alternative yang tidak ditangani dokter, minimal anda pastikan bahwa tempat dan alat-alat yg digunakan higienis.

Segala macam obat bisa dikatakan akan mempunyai efek saping dan proses penembuhan yang berbeda. Kita diharapkan untuk paham betul apa yang akan kikta pilih serta keuntungan dan kelebihannya masing-masing.

Kehati-hatian memilih penanganan penyakit anda berpengaruh terhadap penyembuhan itu sendiri. Seperti dikatakan orang bijak, “resiko tanggung sendiri”, maka dengan mencukupi diri dengan wawasan yang lengkap tentang sebuah pengobatan. Kita dapat meminimalisir resiko dan efek samping dari pilihan kita sendiri.

Pastikan obat-obatan yang anda konsumsi lulus uji. Banyaknya obat yang beredar yang tidak memiliki izin patut menjadi bahan pertimbangan anda. Kesiapan sebuah Negara terhadap suatu jenis obat, terutama kimia, ditandai dengan fasilitasinya pengetahuan tenaga medis untuk mengatasi efek samping obat tersebut.

Obat-obatan tradisional

Setiap orang jika sudah terbentur dengan biaya pastilah akan mencari pengobatan tradisional yang dirasakan mudah didapat dan terjangkau. Ada berbagai jenis obat dan pengobatan. Salah satunya adalah pengobatan tradisional. Pengobatan jenis ini pun juga terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

Pengobatan herba Pengobatan jenis ini tidak hanya dikategorikan pengobatan tradisional lagi. Perhatian kalangan medis terhadap pengobatan herbal membuat pengobatan ini relevan dengan pengobatan modern. Namun, secara garis besar, herbal sangat dekat dengan tradisionalitas. Salah satu contoh obat herbal yang masih dipakai sampai sekarang adalah jenis jamu-jamuan.

Ada banyak ragam jamu yang kita kenal dengan berbagai khasiatnya yang dipercaya secara turun-temurun. Ada jamu untuk anak-anak, seperti jamu penambah nafsu makan, jamu anti masuk angina, dan banyak lagi. Jamu khusus wanita juga banyak kita temui seperti jamu lancer haid, jamu galian singset, jamu galian rapet, jamu habis melahirkan, dan berbagai jamu kewanitaan lainnya.

Bagi kaum pria, cenderung jamu stamina yang lebih banyak disukai dan dicari, seperti jamu penambah energy, jamu kesehatan reproduksi pria dan lain-lain. Jamu diidentikkan dengan ramuan rempah-rempah khas Indonesia. kini kemasan jamu pun beragam.

Ada yang masih mengusung konsep tradisional, ada juga beberapa perusahaan skala kecil, menengah, maupun besar yang memproduksi jamu dengan konsepnya masing-masing.

Sangat perlu diperhatikan apabila anda mempercayakan kesehatan anda dengan pengobatan herbal satu ini adalah waktu kadaluarsa dan kualitas rempah. Berhati-hatilah dengan jamu yang mengandung bahan pengawet karena alih-alih membuat anda sehat, anda akan mendapatkan banyak penyakit di kemudian hari.

Pengobatan dengan mantri kampung Mantri adalah sosok yang paling dicari dalam kondisi sakit. Kebanyakan mantri bekerja di daerah pedesaan. Kurangnya pelayanan kesehatan di daerah ini disebabkan rendahnya minat paramedik untuk menetap.

Di lain pihak, kebutuhan masyarakat dengan adanya instalasi kesehatan yang terjangkau sangat tinggi. Apabila anda berobat ke mantra desa anda, pastikan beberapa hal.

Pertama, seorang mantri tidak boleh menuliskan resep. Tugas memberi resep kepada pasien mutlak sebagai wewenang seorang dokter yang melalui jenjang pendidikan tentang obat dan penyakit. Kedua, mantri tidak boleh melakukan tindakan medis yang berbahaya dan mengandung resio tinggi seperti pembedahan walaupun dalam kondisi sempit sekalipun.

Patut disadari oleh masyarakat, obat yang diberikan mantri adalah obat standar yang tidak membutuhkan resep dokter. Namun anda harus memperhatikan tanggal kadaluarsanya, perhatian terhadap kesehatan masyarakat pedesaan sangatlah minim.

Terakhir, apabila obat yang anda konsumsi tidak membuahkan hasil, segeralah merujuk ke dokter atau rumah sakit terdekat. Tidak ada gunanya menunda menemui dokter apabila penyakit anda tak kunjung sembuh.

Obat-obatan Kimia

Pada dasarnya obat-obatan kimia juga diambil dari sari pati tumbuhan yang telah diolah menjadi zat-zat tertentu. Dengan dipadatkannya kadar sebuah zat, maka kegunaan obat tersebut lebih langsung mengena. Bisa dikatakan obat kimia adalah cara instan dari pengobatn herbal.

Pengobatan secara kimia boleh saja dilakukan asal menuruti kadarnya. Dikarenakan tingginya resiko efek samping sebuah produk obat kimia, medikasi ini wajib diawasi dan dilakukan oleh tenaga medis sepeti dokter dan perawat, dan obat dikeluarkan oleh apoteker.

Apabila anda tidak sakit, jangan sekali-kali mengkonsumsi obat karena akan mengganggu sistem kekebalan pada tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh yang alami akan menjadi kacau dan bingung bereaksi terhadap zat yang masuk ke dalam tubuh dalam dosis yang tidak diperlukan dan terutama akan mengganggu fungsi ginjal dan hati.

Apabila anda harus mengkonsumsi obat kimia, apalagi dalam jumlah besar, maka anda harus menyeimbangkan dan membantu kerja ginjal anda dengan meminum banyak air putih.

Akan lebih baik jika anda mulai mencegah penyakit dengan melakukan pola hidup yang sehat. Terapi herbal yang dilakukan oleh herbalis merupakan metode alternative yang brilian bagi kesehatan tubuh masyarakat modern.

Obat-obatan Herbal dan Alternative

Selain pengobatan secara kimiawi, kini kita juga dapat memilih untuk menggunakan metode herbal dan alternative untuk menyembuhkan penyakit. Berikut keterangan mengenai obat herbal dan alternative lainnya adalah sebagai berikut:

Pengobatan herbal Pada dasarnya pengobatan herbal dilakukan dengan cara meramu tumbuh-tumbuhan dan bahan herbal lainnya guna mendapatkan khasiatnya untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit tertentu. Anda tentunya masi ingat Prof. hembing. Beliau adalah seorang herbalis terkenal dari Indonesia. untuk menjadi seorang herbalis dibutuhkan fase menuntut ilmu.

Negeri China adalah salah satu Negara di dunia yang meiliki pengetahuan dan pendidikan yang terbaik dalam hal pengobatan jenis ini. Obat herbal memiliki efek samping jauh lebih sedikit dibandingkan pengobatan secara kimia.

Namun, dampak penyembuhan yang dihasilkanpun sedikit lebih lambat. Disarankan untuk orang-orang yang mempunyai gejala penyakit tertentu untuk melakukan terpai herbal.

Pijat refleksi. Jika dilakukan oleh terapis yang ahli, maka pijat refleksi mampu memberikan feel penyembuhan bagi bermacam penyakit. Biaanya, pada pengobatan ini, penyakit yang disembuhkan adalah penyakit yang berhubungan dengan syaraf.

Terapi bekam. Terapi ini megeluarkan darah kotor dari tubuh anda dengan menggunakan alat berbahan kaca bening berbentuk setengah bulat. Anda tidak disarankan melakukan terapi ini terlampau sering karena bisa mengganggu metabolism tubuh.

Terapi detoks melalui telapak kaki. Ada banyak ragam terapi detoks seperti ini. Ada yang menggunakan benda seperti selotip yang ditempelkan di telapak kaki. Atau ada juga yang melakukan terapi detoks dengan cara merendam kaki ke dalam sebuah air yang dilarutkan zat-zat bersifat detoksan.

Pengetahuan dan kesadaran terhaap kesehatan adalah modal dasar untuk penegahan penyakit. Kesehatan adalah hak seluruh elemen masyarakat yang ada. Setiap penyakit ada obatnya. Akan tetapi lebih baik mencegah daripada mengobati. Obat-obatan yang sebenarnya adalah pencegahan dari dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>