Blog Indri Kusuma Dewi

Live is Beautiful

Sayuran dan Buah

SAYURAN DAN BUAH

 

Sayuran dan buah merupakan bahan yang harus dikonsumsi oleh manusia. Di dalam buah dan sayuran, terdapat zat-zat bermanfaat yang berguna untuk tubuh. Nah, biasanya, sayuran biasanya diolah menjadi masakan, sedangkan buah bisa dikonsumsi langsung. Namun, sayuran pun bisa dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Buah pun bisa diolah menjadi olahan lainnya, misalnya sop buah atau jus jika bosan dimakan secara langsung.

Saking bermanfaatnya buah dan sayur bagi tubu, kita wajib mengonsumsi buah dan sayur dalam porsi yang cukup. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Nah, di dunia ini, ada beragam jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Jenis Sayur dan Manfaatnya

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau. Sayuran yang termasuk keluarga kubis-kubisan ini mengandung banyak zat yang berguna untuk tubuh, di antarnya kalsium dan zat besi. Karena memiliki nutris yang tinggi, brokoli bisa mencegah penyakit memataikan, seperti kanker. Nah, berikut ini manfaat mengonsumsi brokoli.

Brokoli mengandung serat yang bisa mematikan kandungan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat yang dikandung di dalam brokoli akan membuat asam empedu dalam saluran pencernaan jadi lebih baik.

Brokoli mengandung zat glucoraphanin, gluconasturtiian, dan glucobrassicin. Zat-zat tersebut akan menbantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun pada tubuh.

Menurut penelitian, brokoli mengandung senyawa yang dapat mencegah perkembangan tumor dan kanker.

Brokoli mengandung kaempferol yang bermanfaat untuk mengurangi alergi pada tubuh.

Brokoli mengandung vitamin D, K, dan A yang membatu menjaga metabolisme tubuh.

Kandungan vitramin dan mineral dalam brokoli mampu mengatasi penyakit Alzheimer. Brokoli bermanfaat untuk menguatkan ingatan sehingga sayuran ini digunakan untuk mencegah dan merawat penderita Alzheimer. Mengonsumsi brokoli dalan jangka waktu yang panjang bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine pada sistem saraf pusat.

Brokoli mengandung vitramin A, E, dan C yang mampu menangkal radikal bebas sehingga akan menghambat proses penuaan dini. Selain itu, brokoli pun akan melindungi kesehatan mata dan kulit.

Kandungan nutrisi, fivonoid, dan serat dalam brokoli bermanfaat untuk mencegah konstipasi atau gangguan pencernaan lainnya.

Kandungan sulforaphane dalam brokoli bermanfaat untuk menekan risiko jantung koroner. Brokoli mampu melindungi janutng dari sel-sel perusak.

Brokoli bermanfaat untuk mencegah penyakit kerusakan pada sendi atau osteoarthritis.

2. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang sering dikonsumsi. Bayam dikenal sebagai sayuran yang mengandung nilai gizi yang besar. Kandungan nutrisi yang ada di dalam bayam antara lain vitamin A, vitamin C, niasin, thiamine, fosfor, riboflavin, natrium, kalium, dan magnesium. Nah, berikut ini manfaat yang didapat jika mengonsumsi bayam.

Kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat, dan flavonoid dalam bayam bermanfaat untuk mencegah sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayam mampu menurunkan risiko kanker sebesar 35%, khususnya kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, dan kanker kulit.

Bayam merupakan sumber anti inflamsi. Alkalinitas dalam bayam membuat sayuran ini baik bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

Bayam mengandung folat yang baik untuk mencegah terkena risiko penyakit kardiovaskular. Bayam pun mengandung choline dan inosito yang bermanfaat untuk mecegah pengerasan pembuluh darah.

Kandungan mineral dan kalium dalam bayam bermanfaat bagi para penderita tekanan darah tinggi.

Bayam bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang karena mengandung vitamin K, magnesium, seng, tembaga, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

Bayam pun bermanfaat bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena kandaungan magnesium dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Mengonsumsi secara rutin bayam akan membantu menstabilkan gula darah.

Bayam bermanfaat untuk mengobatai gusi beradarah akibat kekurangan vitamin C.

3. Wortel

Wortel merupakan salah jenis sayuran yang sering dikonsumsi karena mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Wortel mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya vitamin A, beta karoten, vitamin C, folat, vitamin K, kalori, protein, air, fosfor, dan kalium. Untuk mengonsumsi wortel, dapat dimakan mentah, diolah menjadi aneka masakan, atau bisa juga di jus. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini penjelasan mengenai manfaat wortel.

Wortel mengandung beta karoten yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Mengonsumsi wortel dalam bentuk jus pun baik untuk ibu hamil.

Mengonsumsi jus wortel minimla 5 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena stroke. Beta karoten yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah terjadinya timbunan kolesterol dalam pembuluh darah.

Mengonsumsi jus wortel akan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Selain itu, woterl pun mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Jenis Buah dan Manfaatnya

1. Alpukat

Buah alpukat dikenal memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Biasanya, buah ini dikonsumsi dengan cara dijus. Nah, berikut ini manfaat buah alpukat.

Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat yang dapat mengatur kadar homocysteine. Tingkat homocysteine yang tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Selain itu, alpukat pun mengandung vitamin E dan lemak tak jenuh yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

Alpukat mengandung senyawa beta sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, alpukat pun merupakan sumber kalium yang bermanfaat untuk mengontrol tekana darah.

Alpukat mengandung senyawa phytonutrient yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

Alpukat bermanfaat mengurangi risiko terserang stroke dan kanker.

Alpukat mengandung antioksidan yang banyak sehingga bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan mencegah proses penuaan dini. Selain itu, glutathione yang terkandung dalam alpukat dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mendorong sistem saraf yang sehat.

Mengonsumsi alpukat pun akan membantu menghaluskan kulit.

2. Apel

Apel merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, b erikut ini manfaat buah apel.

Apel mengandung fitokimia sebagai zat antioksidan yang efektif melawan kolesterol jahat. Kandungan pectin dan D-glucaric dalam apel membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Zat flavonoid yang terkandung di dalam aple terbukti menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 50%.

Apel pun bermanfaat mencegah penyakit jantung dan stroke.

Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu penurunkan berat badan. Apel merupakan buah yang baik bagi orang yang sedang melaksanakan diet karena apel mengandung serat yang tinggi sehingga mencegah datangnya lapar lebih cepat.

Apel pun bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

3. Mangga

Berikut in manfaat buah mangga.

Mangga mengandung beta crytoxanthin, yaitu senyawa untuk menumpas sel kanker.

Mangga mengandung vitamin C dan E yang membantu sistem pencernaan.

Mangga memiliki sifat kima tertentu, seperti peluruh urine, penyegar, penambah napsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak, dan sebagai antioksidan.

Mangga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti radang kulit, influenza, asma, gangguan penglihatan, gusi berdarah, dan lain sebagainya.

4. Sirsak

Berikut ini manfaat sirsak.

Sirsak daapt mencegah risiko terkena kanker dan tumor.

Sirsak dapat memperlambat proses penuaan dan meningkatkan daya tahan tubuh karaena mengandung vitamin C yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan.

Sirsak mampu mengatasi sembelit karena mengandung serat yang tinggi sehingga memperlancar pencernaan.

Kandungan fosfor dan kalsium dalam sirsak dapat membanatu pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis.

Nah, itulah beberapa jenis sayuran dan buah yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Semoga penjelasan yang disampaikan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>